Dapur Umum Kodam II/Sriwijaya Untuk Warga Terdampak Corona di Palembang


DETIKTIMES SUMSEL - Meringankan beban masyarakat yang kurang mampu akibat dampak pademi virus Corona (Covid-1), Kodam II/Sriwijaya mendirikan dapur umum untuk memasak makanan yang dibagikan kepada warga.

Hal tersebut disampaikan Kapendam II/Swj Kolonel Inf Djohan Dharmawan dalam keterangannya di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (15/4/2020) dua hari yang lalu

Dijelaskan Djohan, berbagai upaya terus dilakukan oleh TNI AD jajaran Kodam II/Sriwijaya dan instansi pemerintah daerah dengan mendirikan dapur umum di lokasi bekas Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumsel.

“Dapur umum ini merupakan bentuk kepedulian TNI-Polri dan Pemprov Sumsel untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu. Makanan yang kami masak dibagikan kepada warga,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, di dapur umum ini, personel TNI AD dari Bekangdam II/Sriwijaya bersama Kepolisian jajaran Polda Sumsel serta aparat dari Pemprov Sumsel akan memasak nasi bungkus untuk dibagi-bagikan kepada warga atau masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

“Nasi bungkus tersebut akan dibagikan oleh personel Koramil, Polsek, Kecamatan, Tagana dan BPBD Sumsel langsung ke rumah-rumah warga, ” tuturnya.

Rencananya, imbuh Kapendam, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga bulan, dan setiap harinya masak nasi sebanyak 1.000 sampai 1.500 bungkus. Nasi bungkus tersebut akan didistribusikan pada saat menjelang makan siang.

“Namun, pada saat bulan puasa nanti, nasi bungkus tersebut didistribusikan pada sore hari ketika menjelang berbuka puasa”, kata Kapendam.

“Dengan dibukanya dapur umum ini, semoga bisa membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu yang berada di kota Palembang”, imbuh Djohan.

Sebelumnya, pada saat meninjau sekaligus mengecek kesiapan dapur umum yang didirikan Bekangdam II/Swj, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan bahwa, dapur umum gugus tugas yang didirikan, atas ide bersama dari Gubernur, Pangdam II/Swj, Kapolda Sumsel, Kajati dan Forkopimda lainnya.

Dapur Umum Kodam II/Sriwijaya Untuk Warga Terdampak Corona di Palembang

Kodam II/Sriwijaya melalui Bekangdam II/Swj mendukung penuh, mulai dari peralatan masak sampai dengan koki-kokinya yang merupakan standar TNI.

“Saya berterima kasih kepada Bekangdam II/Swj yang telah dengan sangat bersemangat memberikan solusi bersama gugus tugas menghadapi keadaan seperti ini, dimana kita sedang berjuang menghadapi wabah Covid-19”, ungkap Gubernur.

Gubernuh mengatakan, Pemprov Sumsel sangat mengapresiasi Kodam II/Swj dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat di masa sulit seperti ini.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel Kodam II/Swj yang dengan tulus ikhlas terjun langsung, ini tugas kemanusiaan yang sangat besar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel