Wapres RI : Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 Jadi Tanggung Jawab Bersama


DETIKTIMES JAKARTA  – Akibat pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19), angka kemiskinan semakin bertambah. Untuk itu solidaritas sosial sangat dibutuhkan, karena membantu masyarakat terdampak Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama.

“Saat ini, angka kemiskinan bertambah, banyak orang kehilangan pekerjaan, banyak warung kecil yang tutup, sehingga tuntutan untuk memberi makan orang miskin menjadi lebih penting,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengawali tausiah Ramadan yang dilakukan melalui video conference, di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta Pusat, Senin (27/4/2020).

Secara gamblang, Wapres menjelaskan, menurut para ulama hukum menolong orang yang kelaparan di tengah masa sulit seperti ini adalah fardhu kifayah.

“Artinya apabila ada seseorang yang melaksanakan menghilangkan kelaparan itu, maka yang lain tidak berdosa. Tapi, apabila tidak ada yang melaksanakan sampai ada yang kelaparan, maka semuanya berdosa,” jelasnya.

Lebih jauh, Wapres menekankan, salah satu hukum fardhu kifayah itu adalah menghilangkan bahaya seperti kelaparan. Namun, hukum menolong orang yang kelaparan ini dapat meningkat menjadi fardhu ‘ain (kewajiban individu).

“Kalau ada orang yang kurang makan, maka untuk membantunya, hukumnya fardhu kifayah. Tetapi, kalau sampai tidak makan, maka menurut para ulama, hukumnya (bagi orang lain untuk membantu) bukan fardhu kifayah, tapi fardhu ‘ain. Artinya, tiap orang, yang berkelebihan, wajib untuk membantunya,” tegas Wapres.

Untuk itu, Wapres mengingatkan agar tidak ada yang kelaparan di sekitar kita, apalagi sampai tidak makan. Ia juga menekankan bahwa orang yang dalam bahaya tersebut, bukan hanya muslim tetapi juga non-muslim.

“Termasuk orang yang dalam bahaya itu adalah mim muslimin atau muslim, au dimmiyin atau non-muslim, au mustaqmaniin atau orang-orang dalam perlindungan,” ucap Wapres mengutip dalil dalam sebuah kitab.

Di akhir tausiah, Wapres mengimbau masyarakat untuk menjadikan bulan Ramadan ini sebagai momentum menguatkan solidaritas sosial dengan saling membantu.

“Semoga Allah memberkati kita semua,” pungkas nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel