Kado HUT ke-75 RI, Dinas Pertanian Takalar berhasil jadi BPP terbaik ketujuh se-Indonesia


DETIKTIMES TAKALAR - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Takalar melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Galesong berhasil menorehkan prestasi gemilang tepat pada peringatan HUT ke-75 RI. 

BPP Galesong menjadi balai pelatihan pertanian terbaik di Sulawesi Selatan. Dan mewakili Sulawesi Selatan menjadi BPP terbaik urutan ke-7 se Indonesia. 

Prestasi ini diumumkan usai upacara detik-detik proklamasi lingkup Kementrian Pertanian, Senin (17/8/2020) kemarin. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) H. Hasbi, S.Stp, M.AP mengungkapkan bahwa prestasi ini tidak lepas dari peran aktif  para penyuluh pertanian yang terus melakukan pembinaan terhadap petani. 

"Jadi salah satu indikator kita menjadi terbaik karena para penyuluh kita memiliki kreativitas  dan aktif,  kemudian inovasi-inovasi yang untuk petani. Dan sistem pendataan telah dilengkapi dengan IT.  Kemudian, selama ini BPP Galesong selalu menjadi rujukan kunjungan untuk study mahasiswa pertanian di Indonesia timur," jelas H. Hasbi. 

Ia melanjutkan bahwa sinergi antara penyuluh dan petani terjalin dengan baik. Serta peran Pemda dalam memfasilitasi penyuluh dengan petani melalui wisma tani juga berperan penting dalam mendukung BPP Galesong menjadi yang terbaik. 

Untuk diketahui, lomba ini telah berlangsung selama satu bulan. Kepala Badan PPSDMP Kementrian Pertanian Prof. Dr. Ir.  Dedy Nusyamsi, M. Agr meninjau langsung BPP Galesong yang menjadi wakil Sulsel dalam lomba BPP terbaik se- Indonesia. 

Selain itu, Dinas Pertanian Takalar juga menjadi dinas pertama di Indonesia yang melakukan MoU bersama Kementan, dan Bank BNI untuk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kategori ringan untuk membiayai usaha-usaha pertanian di Takalar. 

"Jadi semua petani kalau butuh modal, bisa mengajukan permohonan KUR. Ini tidak lepas dari visi misi Bupati terkait akses permodalan untuk masyarakat," Pungkas Kadis Pertanian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel