PKM Meningkatkan Keterampilan Petani Tadah Hujan Membuat Saluran Pembuangan Air Kotor Rumah Tangga Yang Aman dan Sehat Desa Samangki Kec. Simbang Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan

  


MAROS - Tim pengabdi dari Universitas UNM yang diketuai oleh Putri Ida Sunaryathy Samad, S.T., M.Si., Ph.D dengan anggota tim  Dr. Drs. H. Alimuddin Sa'ban Miru, M.Pd  dan Ganggang Canggi Arnanto, S.Pd., M.Pd telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) beberapa hari lalu di Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. 


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani tadah hujan dalam membuat saluran pembuangan air kotor rumah tangga yang aman dan sehat. Kegiatan PKM dilakukan melalui beberapa bentuk kegiatan, yaitu pelatihan, pembinaan, dan penyuluhan kepada masyarakat serta pembuatan saluran pembuangan air kotor rumah tangga. 


Pelatihan diberikan kepada petani tentang teknik pembuatan saluran pembuangan air kotor rumah tangga yang aman dan sehat. Selain itu, tim pengabdi juga memberikan pendampingan dalam pelaksanaan kegiatan dan monitoring kegiatan tersebut.


Kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh LP2M Universitas Negeri Makassar ini selalu mendapat dukungan dari ketua LP2M Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A.Rauf, M.T., IPU dan Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU dan mendapat respon positif dari Ibu Kepala Desa Samangki Hj. Darwana, S.Pd. Dalam kegiatan PKM, mahasiswa dan dosen pendamping dapat melakukan kegiatan penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, teknologi, dan karsa cipta. 


Kegiatan pengabdian masyarakat berhubungan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) di Program Kampus Merdeka kriteria 2, kriteria 3 dan kriteria 5 serta pemenuhan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel