Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNM Terpadu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) Angkatan II

 


MAJENE - Pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNM Terpadu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) Angkatan II telah dilaksanakan di Desa Leppangan dan Desa Puttada, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene Sulawesi Barat. 


Pada kesempatan pembukaan kegiatan LP2M di Aula Kantor Desa Leppangan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (28/5/2022), Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP, IPU, ASEAN Eng yang diwakili oleh Ketua LP2M-UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT, IPU  memberikan penegasan agar PKM UNM di Kec. Sendana Majene Sulawesi Barat memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat sebagai solusi yang diberikan atas permasalahan dihadapi masyarakat sebagai bagian penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dan nilainya dalam kehidupan bermasyarakat. 



Ketua LP2M juga menambahkan bahwa “Kegiatan ini kami lakukan dengan inovasi dan kreatifitas sebagai bentuk nyata pengabdian kepada Masyarakat”. Kegiatan PKM terpadu LP2M UNM antara lain pelatihan Merawat dan Merias Wajah Untuk Kulit Bermasalah, Pelatihan Mengatasi Rambut Rontok, Pembuatan Motif Jilbab Dengan Teknik Shibori, Pembuatan Sejadah Travelling Dengan Teknik Lukis, PKM Sarung Bantal Kursi dan Taplak Meja dengan Teknik Patchwork, Pelatihan pemanfaatan Perca Kain Brokat Menjadi Berbagai Produk Kerajinan Tangan, Pelatihan Pembuatan Roti Manis Variasi Isi, PKM Penerapan Hots Bagi Kelompok Guru Sekolah Dasar, Pelatihan Olahan Ikan Bandeng Aneka Isi, Perbaikan Alat Listrik Rumah Tangga, Pelatihan Sastra Lisan Elong dan Teknik Gettiq Kacapi Bugis, PKM Pelatihan Shalat Khusyuk Bagi Anggota Majelis Taklim, Pembuatan Model Bak Konstruksi Buangan Air Kotor, Pembuatan Drainase, dan Penerapan Teknologi Konservasi Pekarangan Rumah Penduduk di bawah Koordinator Desa Leppangan dan Desa Puttada Drs. H. Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd. 



Salah satu tim dosen UNM, Putri Ida Sunaryathy Samad, S.T., M.Si., Ph.D dalam kegiatan tersebut mengkonservasi pekarangan rumah penduduk yang bertujuan agar pekarangan rumah menjadi berwawasan lingkungan, sekaligus menjadi penambah income keluarga dan tetap terjaga keindahan dan keasriannya. Pada kesempatan tersebut, kegiatan PKM terpadu LP2M, juga dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Kepala Desa Leppangan, Kepala Desa Puttada, Kepala Sekolah SD Negeri 18 Puttada, Kepala Sekolah SD Negeri 7 Binanga, yang dilakukan bersama Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sendana serta disaksikan oleh Tokoh Masyarakat, para Tim PKM, peserta PKM LP2M dan beberapa mahasiswa pendamping. Kegiatan PKM terpadu LP2M UNM berjalan lancar dan sukses. 


Demikian pula antusias, apresiasi, dan respon peserta selama mengikuti pelatihan dan peserta kegiatan bapak-bapak/ibu-ibu rumah tangga/remaja/guru/siswa sangat merasakan manfaatnya karena sealian mendapatkan ketrampilan praktis juga termotivasi  untuk menambah income keluarga serta merasakan langsung kenyamanan lingkungan yang terbebas dari bau dan limbah air kotor rumah tangga. 


Kepala Desa Leppangan Albi, SE, dan Kepala Desa Puttada  Hamma, M.S sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mereka berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut setiap tahunnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel